Jumat, 27 Februari 2009

PAKS “Prepsepsi Apresiasi Kreasi Seni” di STEMBAYO




Gamelan, ya gamelan, alat musik tradisional warisan leluhur kita ini semakin dilupakan sekarang. Banyak di negri sendiri malahan sibuk melestarikan budaya asing yang ga' jelas manfaatnya dan bertentangan dengan jati diri bangsa. Budaya leluhu tersebut memang sangat lekang di kalangan generasi muda.

Namun beda dengan aksi salah satu ini. Tepatnya di sebuah sekolah kejuruan di jogja, STEMBAYO/ SMK N 2 Depok. Yang terdapat suatu organisasi bernama PAKS yang menggiring pelajar untuk menguri-uri kabudayan jawi tersebut.

PAKS merupakan suatu wadah/organisasi yang bernaung di bawah OSIS SMK N 2 Depok. Di dalamnya terdapat kelompok gamelan dan teater. PAKS sekarang dilatih oleh Bapak Sutriswaya dan pembimbing Ibu Endang setyowulan.

Dulu memang anggota dari PAKS hanya sedikit tapi sekarang bisa dibilang berlimpah ruah. Kesadaran siswa-siswa STEMBAYO semakin tinggi untuk melestarikan kebudayaan jawa yaitu ‘gamelan’. Mereka sadar dengan berita gamelan telah dianggab oleh sebagian negara misalnya negara di Eropa mendeklarasikan gamelan sebagai alat musik mereka, padahal kita tahu gamelan adalah alat musik tradisional jawa. Nah, dari situlah timbul kesadaran dan semangat anak-anak PAKS STEMBAYO berbondong-bondong melestarikan gamelan, OkE..!

Tidak seperti yang dibayangkan bermain gamelan yang membosankanlah, yang jadul-lah, sekarang dari PAKS ini mengkolaborasikan gamelan dengan instrument lainnya misalnya angklung., jimbe, dan tak kalah menariknya dengan alat-alat band gitar, bass, drum, dan keyboard. Tak sedikit anak-anak PAKS mencoba membuat alunan lagu yang indah dan enak didengar. Permainan gamelan ini juga dikolaborasikan dengan permainan teater. Sehingga menjadi sebuah pertunjukan drama kolosal yang estetik. Oleh karena itu perkembangan gamelan semakin meningkat dan tentunya lebih baik lagi.

Berbagai kegiatan pun telah diikuti oleh PAKS STEMBAYO ini. Seperti diantaranya Rembug Budaya, FGI ( Festifal Gamelan Internasional), beberapa Pagelaran Tunggal, PMPS( Pementasan Malam Per-Sekaten), Pagelaran Perdana, YGF ( Yogya Gamelan Festifal), dan masih banyak lagi. Drama kontes yang berupa lomba juga pernah diikutinya. Karena pada dasarnya komunitas gamelan sudah ada di kalangan Internasional di manca Negara., hoo malah dilesarikan oleh bule-bule… PAKS ini pernah juga memakai bahasa yang bervareasi dari bahasa Indonesia, Jawa, bahkan Iggris pernah dilakoni.

Dalam perkembangannya PAKS STEMBAYO ini juga pernah berkolaborasi dengan berbagai sekolah dari SD, SMP, dan SMA/SMK lain. Setiap tahunnya PAKS sering mengadakan studi banding dengan SMA 8 Yogyakarta. Di situ mereka berkreasi untuk menampilkan sebuah drama ataupun musik gamelan dengan kolaborasi band.


Dan semua itu merupakan salah satu apresiasi seni dan budaya Indonesia di sekolah kami STEMBAYO( SMK N 2 Depok).


penulis teman sekelas saya Ekana Martanti dengan beberapa editan.




10 komentar:

  1. good posting,,,
    keep blogging...
    eh, kasih emoticons donk???

    BalasHapus
  2. salut buat siswa siswi STEMBAYO yg msh melestarikan budaya daerah. Tdk d pungkiri krn budaya tsb mmg udh bnyk yg tdk melirik..jd kl msh ada sebagian kcl dr msyarakat kt yg turut menjaga n mempertahankannya.. aku ikut senang n bangga dech...
    aku acungin jempol dech buat anak2 STEMBAYO..

    BalasHapus
  3. Hebat...ikut melestarikan kebudayaan Indonesia yang hampir punah. Teruskan perjuanganmu nak.
    (elus-elus pundaknya)

    BalasHapus
  4. alu...alu...
    salam budaya...

    keep spirit of THEATRE AND GAMELAN...

    BalasHapus
  5. Inget masa sekolah dulu, SMP dan SMA diajarin gamelan, saat ujian wajib bisa memainkan 2 alat gamelan...

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum.
    Buat yang cinta gamelan and teater semangat....
    Buat seluruh keluarga besar PAKS sukses selalu..
    ,informasi yang terbaru
    Pagelaran Tunggal PAKS tgl 28 Maret 2009
    "Gamelan and Teater Lovers"

    BalasHapus
  7. paks jaya!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    semangat!!!!!!!!!!!!!!!trs berkarya........

    BalasHapus
  8. Sedikit promosi ni,ga cuma ekstra kurikulernya yang asyik,nguri-nguri kabudayan jawi n segenap prestasi, tapi sekolahnya juga patut diacungi dua jempol.
    STEMBAYO merupakan sekolah kejuruan terbaik di Jogja,dengan fasilitas yang memadai baik teori dan praktek ada lab. mikrobiologi,kimia,dan yang hanya ada 1 di indonesia yaitu jurusan GEOLOGI PERTAMBANGAN. dan merupakan sekolah dengan pilihan program studi terlengkap di indonesia (11 prog.studi)
    mungkin sekedar referensi,aja mgkin ada saudara mencari sekolah yang berkualitas.
    alamat,mrican,depok,sleman,YK (Timur UGM dan utara USD)

    BalasHapus