Kamis, 19 Februari 2009

Teknologi kimia Stembayo Memajukan Sains




Sekolah memang tempat untuk menuntut ilmu, sarana pembelajaran yang efektif untuk siswanya. Terlebih sekolah kejurruan yang menuntut teori untuk kompetensi. Mrngutamakan tallenta dan skill disamping teori.Maka dari itu sekolah kejuruan menang untuk praktiknya.Salah satu kejuruan di Jogja adalah jurusan kimia industri di SMK N 2 Depok.


Dilihat dari nama jurusannnya sudah barang tentu jurusan ini berkecimpung dalam urusan kimia. Pada dasarnya kimia yang diajarkan memang menuntut untuk ke industri untuk selanjutnya. Tak ayal materi-materi yang diajarkan seperti kimia dasar(kimia SMA 123) ini materi untuk kelas awal, kimia organic(ne mempelajari seperti alcohol, al dehid,TNT,dll), gambar teknik, undang-undang keselamatan kerja, penganan limbah, operasi teknik kimia, pesawat tenaga kalor, kimia analisis baik kuantitatif maupun kualitatif, mikrobiologi, asas-asas teknik kimia, dan teori kejuruan lainnya yang dilalab empat tahun di sekolah ini.

Semakin lama kemajuan pun berkembang mengikuti arus teknologi. Selain alat kerja dalam praktik yang semakin modern, seperti spektrometri, alat pengukur pH digital,dll, engan pembelajaran khas millennium, pembelajaran dengan LCD proyektor sering dipakai dan aplikasi flash juga pernah dipakai guruuntuk menerangkan siswanya. Pernah juga diberi tugas membuat webdesain dalam pembelajaran operasi teknik kimia, yang bias di lihat di sini, dan di sini.









Selain itu prestasi-prestasi juga sering diraih. Selain lomba-lomba dan olimpiade kimia yang pernah samapi nasional ini, juga beberapa tawaran job atau istilahnya di sewa, untuk praktik oleh pihak luar, seperti membantu untuk menganalisis limbah., dan juga pernah membantu dalam seminar nasional ‘Sagu dalam Prospek Ketahanan Pangan dan Energi Nasional’ yang dilaksanakan di Univercity Club UGM dengan keynote speaker bapak Mentri Kelautan RI Fredi Numberi, yang mana bertugas memperagakan pengolahan sagu untuk dibuat menjadi ethanol dengan jumlah tim 8 orang. Dan dengan nama tenar sekolah ini kelas 3 Kimia Industri sudah dibooking oleh perusahaan dari PT Timah sebanyak 7 orang, dan dari PT propan raya 2 orang.

4 komentar:

  1. kimia oke, kimia oye, visit our club, http://profiles.friendster.com/79262058

    BalasHapus
  2. hahahaha sing lagi narsis........
    wek,... kae kok ono wong mlayu cepet banget yo,,, sing neng foto nduwur dhewe.... koyo batman kesusu hehehehheheh. peace man keep blogging menang bagi-bagi (halah ngopo iki)

    BalasHapus
  3. good luck buat kimia stembayoo

    BalasHapus
  4. wah...jadi inget jaman SMA, ada praktikum di lab...

    BalasHapus